ARTIKEL WORKSHOP AUDIO PRODUCTION 1

Masih dalam suasana pandemi Covid-19 tidaklah menjadi hambatan bagi crew Tara Radio untuk terus menambah ilmu, berkreasi, dan menjadi produktif. Hal ini dibuktikan dengan telah terselenggaranya Workshop Audio Production 1 pada hari Sabtu dan Minggu bertepat di tanggal 17-18 April 2021. Menariknya Workshop Audio Production 1 ini dilaksanakan secara online melalui platform Google Meet pada hari pertama dan Zoom Meeting pada hari kedua, sehingga para crew Tara Radio tetap aman di rumah masing-masing. Workshop Audio Production dilaksanakan dengan harapan agar para crew Tara Radio dapat mengetahui proses produksi audio dan menghasilkan audio yang berkualitas.

Materi pada Workshop Audio Production 1 diisi oleh Kak Afuw dari MFM Radio. Sebelum memulai workshop, para crew Tara Radio perlu meng-install software Cool Edit Pro yang digunakan dalam proses produksi audio. Rangkaian kegiatan workshop pada hari pertama dimulai dengan pemaparan materi oleh Kak Afuw tentang macam-macam audio yang umumnya ada pada radio dan langkah-langkah dalam memproduksi audio.

 

Audio production adalah suatu proses rekaman dan produksi musik dalam lingkup gaya, bentuk, dan proses kreatif. Audio tergantung oleh karakteristik radio, misalnya radio dengan karakter anak muda memiliki sound yang lebih cepat, sedangkan radio dengan karakter orang tua/dewasa memiliki sound effect yang pelan. Beberapa macam audio pada radio, yaitu ID station, Talk of Hour, Backsound, Jinggle, Bumper, Sweeper, Program spot, Advertising spot, Public Service Announcement, Montage, Mashup, dan lain sebagainya. Macam-macam audio worksation di antaranya ada Cool Edit Pro, Adobe Audition Clubase, Studio One, Audacity, Reaper, dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah mendapat penjelasan materi dari Kak Afuw, para crew Tara Radio bisa mempraktikkan ilmu yang didapat dengan membuat audio, seperti ID Station, Sweeper, dan Jingle Program. Para crew Tara Radio bebas berkreasi mencurahkan ide yang dimiliki dalam proses memproduksi audio. Audio yang selesai diproduksi, kemudian dikumpul pada Google Drive yang telah disediakan.

Pada hari kedua Workshop Audio Production 1, Kak Afuw memberikan penilaian dan saran untuk audio yang telah diproduksi oleh para crew Tara Radio. Para crew Tara Radio sangat antuasias mendengarkan penilaian dan saran-saran yang sangat bermanfaat dari Kak Afuw agar para crew Tara Radio terus semangat untuk memproduksi audio-audio yang bagus dan berkualitas.shock drop air force 1 full uv reactive | Women’s Nike Air Force 1 Shadow trainers – Latest Releases – Ietp , nike air max 97 lemonade yellow dress

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *