FESTKA 2018

FESTIVAL RETORIKA 2018

Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Pecinta Retorika Indonesia Universitas Negeri Malang (UKM IPRI UM) kembali menyelenggarakan Kompetisi Debat yang diperuntukkan kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk menuangkan pemikiran, beradu argumen dan menyuarakan gagasan positif dan aspirasi terbaiknya bagi Bangsa dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Nasional Festival Retorika (FESTKA) 2018. FESTKA ke-6 tahun ini mengusung tema “Diskursus Dialektika Intelektual Hadapi Perkembangan Zaman” yang mengangkat berbagai macam isu hangat yang tengah hadir dan ramai diperbincangkan masyarakat, mulai dari isu pendidikan, teknologi, sosial, politik, budaya, hukum bahkan kesehatan, sebagai mosi yang harus diperdebatkan oleh seluruh tim dalam posisi Pro dan Kontra.

Mahasiswa, sebagai kaum intelektual, harus mampu berdialektika. Dalam lomba debat berskala Nasional ini, peserta dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dan mampu berfikir kritis, serta dapat menyampaikan argumen-argumen yang dimiliki dengan baik. Selain itu, strategi tim dan kemampuan problem solving untuk menentukan solusi dan gagasan baru dari mosi yang didebatkan menjadi tantangan tersendiri bagi peserta FESTKA.

FESTKA 2018 yang terdiri dari 30 tim mahasiswa dari berbagai program studi dari Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia sukses menjaring dan membentuk debaters handal tanah air. Enam babak penyisihan, mulai dari babak 30 besar hingga final dilaksanakan selama tiga hari, yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Mei 2018 lalu di Gedung I1 dan A3 Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini diawali dengan technical meeting dan simulasi debat pada hari pertama, dilanjutkan dengan beberapa babak penyisihan pada hari kedua, serta semi final dan final untuk mendapatkan juara 1, 2, dan 3 serta best speaker di hari ketiga.

Juara pertama diraih oleh tim dari Universitas Negeri Malang, yang mendapatkan hadiah penghargaan berupa sertifikat, piala, uang pembinaan tunai sebesar Rp 4.000.000,00 dan 3 medali emas bagi para anggota tim. Piala juara kedua digenggam oleh tim dari Universitas Brawijaya dengan hadiah sertifikat, uang pembinaan tunai sebesar Rp 3.000.000,00 dan 3 medali perak di leher mereka. Tak kalah hebat dari kedua tim tersebut, Universitas Gadjah Mada hadir dengan piala juara ketiga beserta sertifikat, dengan uang pembinaan tunai sebesar Rp 2.000.000,00 dan 3 medali perunggu. Selain ketiga tim pemenang, salah seorang dari tim Universitas Muhammadiyah Malang terpilih menjadi best speaker pada Kompetisi Debat ini, dan membawa pulang sertifikat dan uang pembinaan tunai sebesar Rp 500.000,00. Sungguh pertandingan yang sangat luar biasa, dengan menjunjung tinggi sportivitas dan profesionalitas, FESTKA 2018 UKM IPRI UM mendapat apresiasi yang besar dari berbagai pihak atas keberhasilannya.

Jangan bersedih, para debaters yang belum berkesempatan mengikuti FESTKA 2018 masih berkesempatan untuk mendaftar di tahun berikutnya, karena FESTKA akan kembali hadir di tahun depan. Untuk kalian, para mahasiswa, generasi muda harapan Bangsa, jangan lewatkan kesempatan ini. Tunggu informasi untuk FESTKA selanjutnya di instagram FESTKA atau bisa langsung memantau melalui laman resmi UKM IPRI UM. So, jangan lupa daftarkan tim kamu dalam FESTKA berikutnya dan buktikan bahwa kalian adalah Debaters sejati!

 

Info lebih lanjut hubungi :

IG: @festka.ipri

Fb: Festka Ipri

Twitter: @festka_ipri

Email: festka.ipri.um@gmail.com

 

 

 

Share Button