HOW TO BE MC

FOLLOW UP MC 2021

( Bidang Keahlian UKM IPRI UM 2021)

Hallo IPRIers . . . . .

Rasanya waktu begitu cepat berlalu yaa, ngga kerasa kita udah ada di bulan April aja nih. Selama awal bulan tahun ini IPRIers udah pernah nyoba hal baru apa aja nih? Ada yang udah pernah nyoba jadi MC? Atau pingin jadi MC tapi masih bingung gimana sih caranya jadi MC? Tenang aja yaa, kali ini aku bakal bahas hal-hal yang penting banget buat kamu simak biar bisa menjadi seorang MC.

Tapi sebelumnya kamu perlu tau nih kalo Master Of Ceremony atau MC adalah seseorang yang memandu suatu rentetean acara secara teratur dan rapi, mulai dari opening sampai Closing. Jadi penting bagi seorang MC untuk mengenali acara yang akan dipandunya. Kalau dilihat dari jenis acaranya, MC dibagi menjadi tiga macam:

  • MC Formal

Di acara formal akan ada aturan baku dan setiap aturannya harus dipatuhi oleh para hadirin.

  • MC Semi formal

Kalau di acara semi formal aturan yanga ada di dalamnya tidak terlalu resmi, namun bahasa yang dipakai baik dan sopan.

  • MC Nonformal

Sedangkan di acara nonformal seperti namanya dalam acara tersebut aturan berbahasa dan berpakaian bebas.

Setelah kamu tau bagaiamana jenis acara yang akan kamu pandu saat akan menjadi MC, kamu juga perlu meyiapkan modal utama untuk menjadi MC loh, apa aja sih modal menjadi MC? Modal untuk menjadi MC, yaitu :

  • PD (percaya diri) adalah modal dari segala modal. Ketika kita sudah PD, kita sudah menguasai panggung, dan mampu berinteraksi dengan audience maka kita dapat menjalankan acara dengan baik.
  • Fleksibel, seorang MC harus bisa menyesuaikan diri kita di semua tempat yang menjadi tempat kita bertugas menjadi MC. Mengenai strata sosial, pekerjaan, acara amal, acara formal, nonformal, mc di jajaran pejabat, mc di tempat anak-anak, maka kita harus bisa menyesuaikan kondisi tersebut.
  • Etika, MC harus bisa menjaga etika (sopan santun), tidak boleh merendahkan audience, merendahan orang lain, sombong dan berlaku tidak baik lainnya. Ketika kita berlaku baik, maka kita juga akan digunakan lagi untuk menjadi MC di event berikutnya.
  • Teknik MC, vocal(suara, tidak harus mempunyai suara yang bagus, namun kita harus memiliki karakter suara) , intonasi (harus mempunyai ritme), artikulasi (kejelasan, kefasihan kata dan kalimat), speed (cepat, lambatnya ketika berbicara), power (kekuatan berbicara, cara bagaimana memiliki kekuatan suara tanpa harus berteriak), asentuasi (penekanan).

Kalau  udah menyiapkan modal untuk menjadi seorang  MC, jangan lupa untuk senam vokal yaa. Berikut ini nih senam vokal yang harus kamu lakuin sebelum tampil nge-MC:

  • Lion face/muka singa: untuk melemaskan otot-otot wajah, muka dapat diciutkan secara bersamaan dengan menguncupkan jari kedua tangan dan dilebarkan sambal menjulurkan lidah dengan jari-jari yang dikembangkan dengan hitungan 5x.
  • Mengurut rahang: untuk melemaskan otot-otot wajah , jari-jari mengurut pipi dari muka ke belakang. Dan disaat yang sama rahang bawah digeraka-gerkkan kesamping dengan hitungan 10x.
  • Melipat lidah keatas-bawah: untuk melenturkan lidah yang dilakukan dengan cara lipat lidah keatas sampai menyentuh langit-langit mulut dan lipat lidah kebawah dan ujung lidah menekan barisan gigi bawah dengan hitungan 5x.
  • Lidah menyapu bibir: untuk melentulkan lidah yang dilakukan dengan caralidah dijulurkan berputar menyapu bibir bagian atas dan bawah. Prinsipnya lidan harus menyentuh permukaan bibir dengan hitungan 10x.
  • Menggetarkan bibir/motorboat: untuk melenturkan lidah sekaligus memilih pernapasan yang dilakukan dengan cara menarik nafas dalam-dalam, membungkukkan badan sambal mengeluarkan nafas melalui bibir seperti bunyi motor boat dengan hitungan 10x.
  • Mengatupkan gigi: untuk melemaskan otot-otot rahang dengan cara mengatupkan gigi atas bawah seperti saat orang sedang gemes dengan dua tangan mengepal kuat dengan hitungan 10x.
  • Latihan leher: memperkuat otot-otot leher dan bahu dengan cara kaki direntangkan, tangan dipinggang, kemudian gerakkan leher berputar kekiri dan kekanan tanpa berhenti dengan hitungan 10x.
  • Pijat tenggorokan: untuk melenturkan tenggorokan dan pita suara yang dilakukan dengan cara menarik nafas, keluarkan perlahan sambal mengucapkan kata A serta jari tangan memijat tenggorokan dengan hitungan 10x.
  • Memutar bahu: untuk memperkuat otot bahu sehingga dada menjadi bidang sekaligus tahan duduk dalam waktu lama yang dilakukan dengan cara memutar sendi bahu kebelakang sementara tangan dalam posisi lurus dengan hitungan 10x.
  • Sayap malaikat/angel wing: untuk memperkuat otot bahu sekaligus melenturkan resonansi di punggung yang dilakukan dengan cara kedua tangan dilenturkan kedepan dengan jari-jari terbuka, lengan disorong kedepan bergantian kiri-kanan, dan jari-jari bergeran seperti tarian kecak dengan hitungan 1ox.
  • Ping pong: untuk memperkuat bahu sekaligus melatih artikulasi dan anti popping yang dilakukan dengan cara yang sama dengan Gerakan yang sebelumnya, seperti tangan yang sedang melakukan tinju dengan hitungan 10x.
  • Nafas Panjang: untuk memperkuat pernafasan yang dilakukan dengan cara mendongakkan kepala dan menarik nafas sedalam-dalamnya melalui hidung dengan hitungan 10x.
  • Menarik perut/pif paf: untuk melenturkan otot perut sekaligus Teknik mencuri nafas yang dilakukan dengan cara menarik nafas sedalam-dalamnya hingga perut mengembung dan mengeluarkan dengan cepat melalui Gerakan mengempiskan perut dengan hitungan 10x.
  • Hamming: membantu tenggorokan dan rongga hidung untuk lebih terbuka yang dilakukan dengan cara Tarik nafas dari hidung dengan menutup mulut dengan bunyi data bergetar dengan hitungan 10x.
  • Melafalkan huruf vocal: agar mulut lebih luwes yang dilakukan dengan cara membuka mulut dan mengucapkan huruf A, I, U, E, O.

Betelah menyiapkan diri untuk menjadi MC jangan lupa untuk bikin script MC yaa, karena script MC ini penting banget loh buat kamu yang nantinya bakal nge-MC. Berikut ini bakal aku bahas yaa susunan teks MC itu kayak gimana, jangan lupa disimak baik-baik yaa.

  • Teks MC Formal

Pada teks MC formal tdak ada Improvisasi, pemilihan kata diperhatikan. Susunannya yaitu:

  1. Salam Pembuka
  2. Sapaan
  3. Ucapan Syukur thd Tuhan YME
  4. Selamat datang + Deskripsi singkat acara
  5. Pembacaan doa
  6. Acara sampai dengan Penutup
  • Teks MC Semi-Formal

Pada teks MC Semi-Formal ada sedikit improvisasi, pemilihan kata lebih fleksibel. Susunannya yaitu:

  1. Salam pembuka
  2. Sapaan
  3. Selamat datang + Deskripsi singkat acara
  4. Acara sampai dengan Penutup
  5. Biasanya ada acara hiburan/Ice Breaking
  • Teks MC Non-Formal

Pada teks MC Non-Formal banyak improvisasi, acara cenderung santai dan fleksibel. Susunannya yaitu:

  1. Salam Pembuka
  2. Sapaan -Selamat datang + Deskripsi singkat acara
  3. Acara sampai dengan Penutup
  4. Acara hiburan/Ice Breaking -Sering komunikasi dengan Audience

Waahhh, gimana nih IPRIers udah makin tau kan tentang dunia per MC-an. Makin tau, makin banyak ilmu, makin semangat buat coba hal baru nih yaa. Jangan lupa buat tetep jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan yaa IPRIers. Semangat terus dan jangan pantang menyerah. See u..

DOKUMENTASI


shock drop air force 1 full uv reactive | 100 – Ietp – nike kd vi squeak and light blue – Travis Scott X Air Jordan 1 Mid White Black Brown 555088

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *