KEPENYIARAN 2019 #2

FOLLOW UP KEPENYIARAN #2

Kepenyiaran merupakan salah satu bagian public speaking yang memiliki fungsi utama persuasif dan informatif. Untuk menjadi penyiar radio yang baik serta menarik, kita harus disiplin, paham scriptig, tahu lagu hits dan terbaru, punya air personality, informative, smilling voice, gaul, fun, relax, energic/ elegan, smart dan humoris. Selain itu kita harus jadi pendengar yang baik dengan cara sering mendengarkan radio komersil.

Ada beberapa hal harus dilakukan sebelum siaran yaitu senam vocal dan membuat script. Senam vocal berfungsi melemaskan otot-otot wajah supaya tidak tegang, nerveous ataupun belibet saat siaran. Teknik senam vokal yang biasa dilakukan: lion face, orang face, motor boat, humming, memijat geraham, pernafasan, menyapu lidah, aiueo (pengucapan bulat).

Script adalah nyawa dari setiap penyiar. Script siaran merupakan gabungan dari ngobrol dan presentasi. Script yang menarik harus mempunyai ciri khas, jika tentang tips pilih yang paling menarik, informasi yang menarik dan unik, tidak merendahkan dan sotoy, KISS (Keep It Short and Simple). Script sendiri terdiri dari opening, content dan closing. Opening terdiri dari call sign, program, nama penyiar, present lagu, jam program. Content terdiri dari bridging, isi, colekan/ punchline. Closing terdiri dari call sign, tagline, next program, pamit.

boohoo , Womens & Mens Clothes , Shop Online Fashion | 『アディダス』に分類された記事一覧

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *