Materi Debat Genap 2020

ARTIKEL FOLLOW UP DEBAT

SEMESTER GENAP 2020

Unit Kegiatan Masiswa Ikatan Pecinta Retorika Indonesia (UKM IPRI), merupakan salah satu Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) di bidang retorika, yang menekuni beberapa bidang didalamnya, seperti Debat, Pidato, MC, dan Kepenyiaran. Salah satu bidang yaitu debat, merupakan bidang keahlian yang masuk dalam divisi debat. Ada beberapa program kerja dalam divisi debat yang menjadi kegiatan rutin dalam UKM IPRI, yang bertujuan untuk melatih keahlian (skill) dalam dunia debat, dan menorehkan banyak prestasi. Harapannya divisi debat mampu mencetak debaters handal yang nantinya akan membawa nama baik UKM IPRI, kebanggan yang dibawa oleh divisi debat nantinya akan menjadi wajah UKM IPRI semakin baik dan terus jaya.

Terdapat agenda rutin dalam UKM IPRI setiap minggunya yaitu Kepelatihan (Follow Up), kepelatihan atau yang biasa dikenal dengan nama Follow Up merupakan tempat untuk belajar melatih kemampuan dalam bidang debat baik dalam materi maupun praktek, yang dibina langsung oleh pemateri pilihan yang pastinya sudah memiliki keahlian di masing-masing divisi. Follow Up ini merupakan program kerja bidang keahlian yang dilakukan oleh masing-masing divisi atau bidang dalam keahlian. Pelaksanaan Follow Up debat pada hari Rabu pukul 16.00 WIB dengan masing-masing pemateri yang berbeda. Semester genap terdapat pemateri berkompeten yang mengisi Follow Up seperti Mbak Sofi, Mas Faris, Mas Laksamana, Mbak Andin, dan Mbak Reni. Pemateri-pemateri ini mengajarkan beberapa materi-materi penting dalam berdebat yang baik dan benar, sekaligus menjadi debaters yang handal dan profesional.

            Follow Up debat diadakan 11 kali pertemuan selama satu semester, sekarang sudah berjalan 6 kali pertemuan, yang diikuti dengan minimal 6 orang dalam setiap pertemuan Follow Up. Pentingnya tujuan mengikuti Follow Up debat ini adalah untuk melatih terus diasah dan ditempa yang nantinya akan melahirkan bibit-bibit unggul yang tidak hanya diaplikasikan dalam suatu kompetisi saja, namun juga dalam kehidupan sehari-hari yang lebih bermanfaat. Melahirkan suatu generasi debater yang handal dan professional, dan juga dapat membawa nama baik UKM IPRI, karena segudang prestasi yang sudah ditorehkan.

            Follow Up debat yang membahas seputar dasar-dasar debat. Membahas pengertian dari debat itu sendiri, debat merupakan kegiatan adu argumen antara kedua tim ( Tim positif / PRO dan Tim Negatif / KONTRA). Membedakan antara debat dengan diskusi, jika diskusi merupakan kegiatan mengemukakan suatu pendapat atau argumen dan bertujuan mencari mufakat atau kesepakatan Bersama, sedangkan debat merupakan kegiatan mengemukakan argumen dan bertujuan untuk mempertahankan argumen tersebut sesuai dengan posisi timnya sampai pada akhir perdebatan. Terdapat beberpa elemen dalam debat diantaranya ada pembicara yang terdiri dari pembicara (satu, dua, dan tiga), mosi (mosi proposal dan mosi filosofi. Membahas seputar bagaimana menghadapi mosi prepared atau impromptu, analisis mosi, dan juga membedah mosi

Follow Up debat membahas Role Of Speaker pembicara dalam debat terdapat tiga yaitu pembicara kesatu tugasnya membangun pondasi yang kuat dan benar, pembicara kedua tugasnya membangun kerangka atau memperpanjang argument, dan membahas poin yang belum dibahas pembicara satu, dan pembicara ketiga tugasnya menutup lubang-lubang yang dibuat lawan dan menguatkan argumen + link back. Mempelajari mengenai cara berpikir kritis dan mengahadapi mosi dari berbagai sudut pandang, disini dalam menghadapi suatu mosi harus dapat berpihak dalam semua sudut, tidak boleh memihak satu sisi saja, karena kita sebagai debaters harus dapat membela argument kita baik di sisi pemerintah ataupun oposisi. Dalam menerima sebuah mosi harus terdapat kata kunci yang dapat memepermudah kita membedah mosi, dan jangan terburu dalam megambil argument harus di dasarkan pada berbagai perspektif yang nantinya akan menemukan argument yang tepat karena dalam debat tidak ada yang semua benar dan tidak ada yang semua salah.

Materi yang pastinya ditunggu-tunggu dan yang sangat penting yaitu sistem AREL adalah singkatan dari pertama Assersation merupakan point yang dibawa dari awal sampai akhir oleh pembicara (ide pokok atau hipotesis). Kedua Reasenning merupakan alasan mengapa sepakat dengan mosi atau juga disebut sebagai teori. Ketiga Evidence merupakan bukti namun semua hal tidak bisa dijadikan bukti atau tidak semua bukti dapat didebatkan. Keempat Link Back merupakan pengulasan ulang  assersation , reasoning, dan evidence argument semakin dikuatkan. Terdapat teknik berbicara yang juga penting dalam suatu perdebatan, perlu diketahui bahwa ada ternik dalam mengelaborasi suatu argument atau berargumen, Teknik dalam interupsi, dan juga Teknik dalam rebuttal atau sanggahan. Tidak hanya materi saja yang disampaikan namun juga praktek sangat ditekankan dalam Follow Up, karena disini praktek sangatlah penting untuk menunjang skill yang dimiliki oleh masing-masing individu peserta Follow Up. Dengan adanya Follow Up di harapkan dapat terus menjaga kualitas dalam keahlian khususnya dalam debat dan banyak menorehkan prestasi. Sehingga dapat membawa nama baik UKM IPRI, dan mengharumkan UKM IPRI di berbagai universitas maupun Lembaga lain di luar Universitas Negeri Malang, karena prestasi yang diusungnya.

nike shox mens australia women soccer players – White – DA8301 – 101 – Nike Air Force 1 ’07 LX Women’s Shoe | Reflective’ — Ietp – Adidas girls adidas baseline rose gold boots for women V2 ‘Citrin Non – adidas dark green slides on sale on craigslist

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *