Materi Kepenyiaran Juni 2021

Di dalam dunia kepenyiaran, kita mengenal istilah siaran tandem. Nah lantas apakah yang dimaksud dengan tandem itu? Tandem adalah siaran radio yang menyertakan dua orang penyiar. Namun, untuk lebih luasnya siaran yang dilakukan lebih dari 2 orang atau beramai-ramai, talkshow, podcast dll juga termasuk dari bagian dari siaran tandem. Di dalam siaran tandem ini pastinya dibutuhkan yang namanya chemistry antar satu sama lain. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membangun chemistry yang tepat pada partner siaran :

  1. Menjaga ego

Pastinya hal ini adalah salah satu kunci utama dari siaran tandem. Menjaga ego satu sama lain agar tidak terkesan berlebihan atau mendominasi dan tidak terkasan merendah, karena adakalanya ego juga penting untuk karakteristik dari penyiar itu sendiri

  1. Diawali dengan obrolan santai

Sebelum siaran hendaknya diawali dengan mengobrol santai dengan patner siaran guna membangun chemistry, harus mengerti tipe dari patner siaran dan harus pintar mencari celah untuk menangkap mood dari patner siaran.

 

  • Flowing

 

Adakalanya chemistry tidak harus diawali tetapi biarkan mengalir begitu saja. Karena adakalanya dalam siaran tandem diperlukan membangun perspektif yang berbeda untuk memperluas topik siaran.

  1. Saling mengisi

Kompromi dari awal dengan patner siaran, seperti hal nya memancing obrolan dll

  1. Menjaga topik agar tidak boring atau asyik sendiri.

Dalam siaran tandem setelah dapat membangun chemistry dengan patner, hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga topik agar tidak keluar dari pembahasan atau menjaga agar tidak boring. Hendaknya harus pintar mengolah durasi, menjaga topik siaran agar tidak keluar dari pembahasan (asyik sendiri). Hal tersebut dapat dilakukan dengan memposisikan seolah saat obrolan ada orang ketiga agar meminimalisir adanya obrolan yang keluar dari topik. 

Pastinya tandem ini akan berjalan lebih lancar apabila kedua penyiar mempunyai scipt yang tertata. Ada 4 pilar yang perlu kita perhatikan dalam membuat sebuah script, diantaranya  adalah to inform, to educate, to entertain, dan to persuade. Seorang Announcer harus bisa menerapkan itu jika hendak menulis script siaran. Kamu pasti penasaran bagaimana cara menulis script siaran yang mudah, praktis dan tertata? Nah, ini dia tips-tipsnya :

  1. Harus menggunakan kata-kata seperti bercerita,
  2. Pemilihan kata (diksi) dan tanda baca. Agar apa yang ingin disampaikan menggunakan tempo yang pas,
  3. Bridging, yaitu teknik menjembatani dua topik yang tidak ada kaitannya sama sekali, namun pada akhirnya bisa jadi nyambung.
  4. One clear message. Penggunaan kata yang disampaikan tidak diulang-ulang,
  5. Punchline, penyiar biasanya beberapa kali menyelipkan punchline untuk menggugah perasaan pendengar. punchline tak harus lucu, yang penting kalimatnya dapat menimbulkan efek twist atau minimal membuat pendengar baper. (opsional).

 

Di dalam memilih sebuah content untuk siaran, kita harus memilih topik yang berbobot. Kalau ingin dikenal dan pengen memberikan image pemberi informasi yang baik dan entertain yang baik juga mengajak. Pembacaan konten harus menggunakan tempo yang tepat. Yang ingin disampaikan pun harus dipersiapkan dengan baik. Sedangkan untuk closeline juga bisa menggambarkan bagaimana image seorang penyiar itu, maka dalam membacakan tagline pun harus dibuat semenarik mungkin sesuai dengan persona yang ingin kamu tampilkan pada pendengar. 

Nah, jika kamu sudah mampu menerapkan hal-hal tersebut dan kamu merasa menjadi penyiar yang sudah cukup mumpuni, kamu bisa mencoba mengikuti open recruitment penyiar di radio-radio komersial. Pastinya dengan magang dulu, mau tau bagaimana dan apa saja yang harus kamu siapkan? 

  1. Cari tahu radio yang akan dituju : seperti namanya, programnya apa saja, segmentasinya seperti apa, cara siaran secara garis besarnya seperti apa dsb. 
  2. Percaya diri : dengan percaya diri seseorang akan berani untuk belajar.
  3. Pahami radionya : penting banget, harus banget menyesuaikan dengan segmentasi radionya
  4. Anak radio kampus lebih potensial untuk masuk radio komersial karena punya nilai plus meskipun radio komersial juga tidak selalu melihat background orang itu merupakan anak radio kampus atau bukan.

Itu tadi beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menjadi seorang penyiar yang handal baik dari how to deal with your tandem’s partner, how to write a good script, and how to apply a job on Radio Station. Jangan lupa untuk selalu belajar dan belajar menerapkannya ya, karena sesungguhnya para penyiar yang sudah mempunyai nama besar pun akan selalu belajar agar dapat menjadi versi yang terbaik dari dirinya sendiri. LTB – JuzsportsShops | Men's Sneakers

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *