Materi Kepenyiaran

Hallo sobat taraa…..

Waaa ngggak kerasa ya..sekarang udah bulan April aja. Padalah nih rasanya baru aja kemaren tahun baruan eeh udah bulan ke empat ajaa. Nah gimana nih tahun ini, udah mulai mencoba hal yang baru? Mungkin kamu udah mulai belajar atau baru mau jadi penyiar tapi masih bingung, gimana sih caranya jadi announcer ? Tenang aja sobat tara, kali ini aku bakal kasih tau kamu gimana caranya jadi announcer. 

Tapi sebelumnya nih sobat tara, Kamu tau nggak sih jadi announcer itu orang yang nyampein informasi ke orang lain, dan yang pastinya informasi yang di sampein itu Update dan posistif. Selain itu juga, kamu harus bisa improve nih kalo nyampein informasi, truuus perlu ada basic skill yang kamu punya. Nah apa aja sih basic yang di perluin? Langsung aja….

Jadi sobat tara ada beberapa basic yang perlu kamu tau yaitu :

  • Attitude

Nah hal pertama yang terpenting jadi announcer adalah attitude. Jadi penting banget buat kamu punya attitude yang baik. Contohnya kamu bersikap ramah sama orang lain, percaya diri, sopan dll. Karena hal ini yang pertama kali banget di liat sama orang-orang

  • Bahasa yang aktif

Naah yang kedua kalo kamu mau nyampain informasi harus pake bahasa yang aktif. Apa sih bahasa aktif itu ?. Jadii sobat tara, bahas aktif itu bahasa yang dapat meyakinkan pendengan kamu soal info yang kamu sampein, tapi jangan lupa info yang disampain itu harus positif ya… Dan juga kamu menggunakan bahasa seperti kamu sedang mengobrol atau bercerita sama orang lain secara langsung atau bahasa sehari-hari kamu. 

  • Update informasi

Yang ketiga kamu haru update soal informasi masa kini, jadi kamu harus terus update biar pendengar kamu nggak ketinggalan informasi.

  • Team work

Jadi penyiar itu kita nggak bisa sendiri sobat tara, jadi perlu adanya team work yang membantu kamu biar siaran ini terus berjalan. Selain itu juga dengan adanya team work ini bisa saling membranding agar siaran terlaksana dengan baik.

  • Teknik 

Naaah masuk yang terakhir nih sobat tara, Kamu perlu belajar teknik siaran, naah apa aja sih yang perlu di pelajari?.

Okee.. ada beberapa nih yang harus kamu tau yaitu :

Membedakan tinggi rendahnya suara

Jadi kamu harus tau nih sibat tara, kapan kamu nada bicaranya rendah, atau sedang bersemangat jadinya nandanya tinggi dan lain sebagainya. Soalnya dengan adanya intonasi pendengar kamu jadi lebih tersentuh hatinyaa. Trus juga dalam siaran kamu menggunakan suara yang bulat. Nah biar kamu tau intonasi kamu udah pas aba belum, kamu bisa rekam suara kamu dan dengerin ulang, atau kamu juga bisa minta bantuan orang sekitar kamu untuk mengevaluasi rekan kamu.

Artikulasi yang jelas

Nahh penting banget nih punya artikulasi yang jelas, jadi biar para pendengan kamu nggak salah tangkep soal informasi yang kamu sampein. Dan juga kamu enak nyampainnya informasi ke pendengan kamu

Pernafasan perut

Oke, dalam siaran kamu harus pake pernafasan perut. Biara apa? Biar pas kamu siaran kamu nggak cepet keabisan nafas. Soalnya dalam siaran perlu intonasi yang cepat. Tapi nggak cepet-cepet juga yaa sobat tara.

Spontanitas dan fleksibel 

Hal ini perlu banget kamu pelajari, agar bahasa yang kamu sampein itu bukan bahasa taks banget, jadi terdengar sedang ngobrol sama pembicara kamu. Trus juga 2 hal ini penting ketika kamu udah keabisa materi yang mau di bahas tapi masih ada waktu, atau ketika parner kamu lagi ada kesusahan pas waktu siaran kamu bisa bantu. Jadi nggak ketika kamu salah berbicara jangan langsung ngungkapin kalo kamu salah, tapi kamu bisa timpain kesalahan kamu dengan kata-kata yang lain biar nggak kelitan salah dan setelah siaran bisa di evaluasi ualng.

Smile voice

Naah satu hal ini jangan sampe lupa nih sobat tara. Solanya smile voice ini membatu suaran siaran kamu jadi terlihat ceria dan menyenangkan.

  • Script

Script sesuatu yang sangat di perlukan banget sama penyiar. Tujuaanya biar ketika kamu siaran materi yang kamu sampein itu nggak jauh dari tema dan juga jadi bantuan kamu saat keabisan tema yang mau dibahas. 

 

Waa gimana nih sobat tara, udah tau dong ya.. gimna caranya dari announcer. Jadi tinggu apa lagi, langsung aja kamu peraktekin ya.. biar kamu makin jago. Naah buat kamu juga nih jangan lupa selalu jaga kesahatan dan patuhi protocol kesehatan y, agar kita terhindar dari virus Corona ini. Pesan terakhir nih buat kamu, jangan pernah lelah untuk mencoba karena usaha tidak pernah membohongi hasil. 

Be Brave Relax and Smile

 adidas born original women costume for sale – تسوق تشكيلة اديداس اوريجينالز للرجال مع تخفيضات 25 , نمشي – 75% أونلاين في السعودية | Women’s Nike Air Force 1 Shadow trainers – Latest Releases – IetpShops , nike tiempo leather turf 2010

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *