PAI 2018

Pengangkatan Anggota Istimewa (PAI) adalah salah satu program kerja dari divisi rumah tangga bidang kesejahteraan UKM IPRI UM. Pengangkatan anggota istimewa ini dilakukan selama dua kali dalam satu tahun atau satu periode kepengurusan. Diadakannya acara pengangkatan anggota istimewa ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan serta ungkapan terima kasih kepada calon anggota istimewa yang telah berpartisipasi aktif selama menjadi Anggota UKM IPRI. Selain itu, acara ini bertujuan untuk mengukuhkan anggota UKM IPRI yang telah menyelesaikan studinya di Universitas Negeri Malang sebagai anggota istimewa.

Pengangkatan anggota istimewa yang kedua diadakan pada tanggal 03 Agustus 2018 mulai pukul 19.00 sampai pukul 21.00 WIB di Panggung Trapesium Universitas Negeri Malang. Tema yang diangkat yaitu “Rangkai Kenangan dalam Kebersamaan”, dengan alasan bahwa pada acara pengangkatan anggota istimewa ini kita semua para anggota, PI IPRI dan calon anggota istimewa saling mengingat dan mengapresiasi inspirasi dari para calon anggota istimewa selama di UKM IPRI. Warna yang diambil pada acara ini yaitu warna merah muda dengan kombinasi warna biru muda. Filosofi dari warna merah muda yaitu kasih sayang dan warna biru muda yaitu kesetiaan. Kedua warna tersebut disesuaikan dengan temanya, yakni kita tidak hanya mengapresiasi inspirasi dan kreasinya saja, tetapi juga kesetiaan dari anggota istimewa terhadap UKM IPRI. Anggota istimewa yang diangkat sebanyak 33 orang yang terdiri dari 1 orang diklat 18, 22 orang diklat 19, dan 10 orang diklat 20.

Pengangkatan anggota istimewa memiliki beberapa rangkaian acara, tidak hanya pengukuhan calon anggota istimewa saja. Setelah acara pengukuhan anggota istimewa dan pemberian vandel selesai, dilanjutkan dengan pemutaran video yang berisi foto-foto para anggota istimewa selama diklat atau selama di UKM IPRI. Adanya pemutaran video tersebut untuk mengenang kegiatang atau hal-hal lucu yang dilakukan para anggota istimewa selama di UKM IPRI. Para anggota istimewa juga disuruh untuk mengungkapkan kenangan-kenangannya selama di IPRI melalui tulisan dan 2 orang perwakilan maju ke panggung untuk menceritakan kenangannya.Acara selanjutnya yakni permainan, permainan pada acara kali ini terdapat 2 permainan. Permainan yang pertama, permainan yang bertujuan untuk saling mengenal antara anggota UKM IPRI dengan anggota istimewa. Permainan yang pertama bernama “Human Knot”atau simpul manusia. Sedangkan permainan yang kedua yaitu permainan yang menjadi rangkaian   acara kejutan. Nama permainannya yaitu permainan tutup mata. Semua anggota istimewa ditutup matanya, kemudian diarahkan ke lapangan sebelah selatan panggung trapesium. Setelah sampai, para anggota istimewa dibentuk melingkar dan tangannya memegang tali balon yang akan diterbangkan. Pada salah satu tali terdapat kertas yang telah ditulis para anggota istimewa yang kemudian ikut diterbangkan dengan balon. Maksud dari pelepasan kertas bersama dengan balon yaitu, semua kenangan yang telah ditulis oleh para anggota istimewa menjadi kenangan yang tak pernah terlupakan. Sebelum balon diterbangkan, salah satu anggota UKM IPRI membacakan puisi dan setelah puisi selesai dibacakan semua panitia melingkari anggota istimewa sambil menyanyikan lagu dengan judul Kita Selamanya.

Acara tidak hanya berhenti disitu saja, setelah kejutan semua anggota istimewa dan anggota UKM IPRI kembali ke panggung trapesium. Kita semua sama-sama menikmati hiburan dari salah satu anggota UKM IPRI dengan beberapa lagu yang diiringi dengan petikan gitar. Anggota istimewa juga ikut bernyanyi untuk menikmati malam pengukuhan yang tak pernah terlupakan sebelum kembali ke kampung halamannya. Hiburan ini menjadi acara terakhir dalam acara pengangkatan anggota istimewa ini. Setelah acara ditutup oleh MC, para anggota UKM IPRI, PI IPRI, anggota istimewa dan juga panitia melakukan foto bersama untuk menutup rangkaian acara pada malam tersebut dan menjadi kenang-kenangan kita semua.

Share Button