PELATIHAN JINGLE 2017

PELATIHAN JINGLE

Selain dilatih dalam hal teknis, terdapat juga pelatihan yang dapat meningkatkan kreativitas announcer, yaitu Pelatihan Jingle yang diadakan 3 kali tiap semester pada hari jumat. Jingle adalah suatu gambaran dari sebuah informasi yang di realisasikan dalam bentuk musik. Pelatihan jingle tidak hanya memproduksi suatu jingle tetapi dapat juga sebuah spot, iklan layanan mahasiswa, ataupun sebuah informasi. Pada periode 2017 ini, setiap announcer diwajibkan membuat sebuah jingle sendiri.

Pertemuan pertama pemateri pelatihan jingle mengenalkan kepada announcer tentang aplikasi pengedit suara yaitu Adobe Audition, pengenalan tersebut tentang bagaimana mengaplikasikan menu-menu yang ada di aplikasi tersebut untuk membuat sebuah jingle.

Lalu untuk pelatihan kedua announcer dilatih untuk merekam suaranya dengan benar, agar saat jingle dibuat suara announcer dapat terdengar dengan jelas, tidak terlalu pelan atau keras, karena di aplikasi Adobe Audition terdapat alat untuk mengukur seberapa keras suara kita.

Pertemuan terakhir pelatihan jingle, yaitu finishing, rekaman yang telah dibuat oleh setiap announcer diberikan backsound, tidak hanya dimasukkan saja backsoundnya, tetapi juga diatur pelan atau keras suaranya sehingga suara announcer masih terdengar dominan. Misalnya pada saat masuk jingle, volume backsound dibuat perlahan-lahan semakin keras. Dalam satu semester ini announcer telah memproduksi 8 jingle dan telah diperdengarkan di TARA RADIO.

 

Share Button