PELATIHAN TEKNISI 1

Pandemi Covid-19 terus memaksa kita untuk berada dirumah dan membatasi aktivitas yang kita lakukan. Pemerintah mengambil langkah tegas sebagai upaya untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang terus melonjak naik pada awal tahun 2021 ini. Sebagian besar sektor besar terkena dampak dari pandemi ini, baik secara langsung maupun tidak langsung. Diantara sektor yang terdampak adalah pendidikan. Dimana lembaga pendidikan diminta untuk merombak total sistem pengajaran serta pembatasan aktivitas di kampus.

Sebagai salah satu media belajar mahasiswa dalam bidang keradioan, Tara Radio juga mengalami dampak. Dimana crew Tara Radio tidak dapat hadir secara langsung dilapangan untuk menimba ilmu dan pengalaman tentang keradioan. Divisi teknisi yang berfungsi sebagai pengelola alat keradioan juga mengalami kendala. Dimana teknisi Tara Radio terdiri dari banyak latar belakang yang berbeda, termasuk diantaranya adalah orang yang baru masuk dan belajar sebagai teknisi keradioan.

Hadir sebagai jawaban, divisi Teknisi Tara Radio menghadirkan Pelatihan Teknisi 1 sebagai wadah pembelajaran bagi Teknisi tara radio untuk mengenal dan memahami alat keradioan beserta fungsinya dalam siaran.

Bersama dengan Kak Denis, salah satu Anggota Istimewa UKM IPRI UM yang dahulunya juga seorang Teknisi, kami belajar mengenai peran, fungsi, cara kerja, serta pemecahan masalah yang sering muncul dari alat alat keradioan yang ada di Studio Tara. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring menggunakan layanan telekonferensi dikarenakan situasi serta kondisi yang tidak memungkinkan crew untuk hadir di Studio secara langsung. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Februari 2021 dengan dihadiri 7 orang anggota divisi Teknisi.

Pada pelatihan ini, kami dikenalkan dengan sistem kelola dan produksi audio yang ada di keradioan, yakni :

  1. Input

Input atau masukan adalah suara yang masuk melalui microphone atau musik dari komputer. Input musik dari komputer menggunakan aplikasi Zara, dimana aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memutar musik dan menata alur musik yang digunakan pada saat siaran. Kemudian dalam input ini terdapat tata cara dalam merawat microphone dimana harus ada nya filter dan atau pelindung microphone agar suara dapat lebih jernih diterima.

  1. Mixing

Mixing adalah bagian pengolahan dalam keradioan. Dimana mixing dilakukan pada alat yang dinamakan mixer. Mixer dapat menyatukan audio masukan dari beberapa sumber diantaranya microphone, komputer, dan sebagainya. Kita mengetahui bahwa pada saat siaran tentunya ada kemungkinan tidak hanya satu microphone yang digunakan, sehingga dengan ada nya mixer ini suara dari input dapat di olah dan di tata agar tidak menggangu satu sama lain. Mixer kemudian akan menyalurkan audio nya dalam bentuk kesatuan (hasil campuran dari beberapa sumber suara yang ada).

  1. Output

Output atau keluaran adalah hasil akhir dari audio yang telah diatata di mixer. Keluaran atau output ini dapat ditranmisikan kedalam gelombang dan disiarkan melalui pemancar sehingga dapat diterima oleh pendengar radio. Output juga memungkinkan penyiar untuk mendengarkn suara nya, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan kebocoran suara. Studio Tara Radio memungkinkan hasil output ini dikeluarkan melalui speaker yang berada di sekitar kampung UKM, sehingga dapat didengarkan oleh pendengar Tara Radio yang berada disekitar kampung UKM.

Pelatihan ini berjalan dengan cukup kondusif dan memberikan dampak yang positif. Dimana crew Tara Radio utamanya divisi teknisi dapat memahami dan mengenal alat keradioan. Pada pelatihan ini kak Denis selaku pemateri juga menjelaskan bagaimana alat alat keradioan lain yang biasa digunakan oleh radio komersil, seperti penambah frekuensi, dan sebagainya.

Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta dapat mengerti dan mampu mengoperasikan alat keradioan yang digunakan pada saat siaran.001 – DC4091 – NikesneakersShops , nike air chromeposite for sale california cheap – Jordan Jordan 1 Mid MMD (Black) | Kaufe Jordan WMNS AIR JORDAN 1 MID – 500 – BQ6472 – nike tiempo soft ground soccer cleats on turf

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *