WORKSHOP AUDIO PRODUCTION II

Memasuki awal perkuliahan di semester genap bukan menjadi penghalang bagi crew Tara Radio untuk kembali mengembangkan kreativitas dalam memproduksi audio. Divisi Music Director Tara Radio kembali memberi fasilitas dengan mengadakan Workshop Audio Production Batch II pada tanggal 11-12 September 2021. Terselenggara secara online melalui platform Zoom Meeting yang tentunya dapat diikuti oleh para crew Tara Radio di manapun berada. Workshop Audio Production batch II dilaksanakan dengan harapan agar para crew Tara Radio dapat terus belajar dan mengembangkan kelihaiannya dalam memproduksi audio yang menarik dan berkualitas.

Masih bersama dengan Kak Afuw dari MFM Radio sebagai pemateri pada Workshop Audio Production Batch II yang senang hati berbagi pengalamannya di bidang audio production. Sebelum memulai workshop, para crew Tara Radio perlu meng-install software Cool Edit Pro yang digunakan dalam proses produksi audio. Kegiatan workshop kali ini dimulai dengan sharing session mengenai audio dan tips-tips dalam memproduksi audio. Kemudian, dilanjutkan dengan pengenalan software Cool Edit Pro dan pemutaran contoh-contoh audio, seperti jingle program. 

Lima kunci penting untuk membuat audio yang baik, yaitu

  1. Referensi 

Bisa dari mana aja, seperti Youtube, Tiktok, talkshow, iklan, dll. Cari referensi sebanyak-banyaknya. Kemudian, amati, tiru, lalu modifikasi.

  1. Karakteristik radio dan program.

Audio dibuat dengan memperhatikan karakteristik dari program atau radio. Karakteristik akan berpengaruh pada sound yang akan digunakan. Misal, program sikat pagi memiliki karakteristik di mana orang² baru bangun dan harus semangat.

  1. Ide

Setelah mendapat referensi dan mengetahui karakteristik radio maka akan memunculkan ide untuk membuat audio.

 

  • Mood

 

Ketika mengerjakan editing dengan sepenuh hati maka hasil yang didapat akan maksimal (ngena) dan penting agar bisa menentukan audio yang dihasilkan akan cocok diletakkan di program yang mana.

  1. Pemilihan talent dan execution

Suara Voice Over dari talent harus sesuai untuk mengisi audio dari suatu program tertentu. Misal orang A karakter suaranya cocok di program pagi.

 

Adapun cara untuk menemukan suatu karakter, yaitu

 

  • Sound Effect

 

Menggambarkan karakteristik program. Misal, program pagi di sweeper diberi suara kicauan burung.

 

  • Voice Quality

 

Audio rekaman diusahakan jernih dan ketika editing jangan sampai musik mengalahkan audio rekaman.

 

  • Editing

 

Tips editing : no peak (kekencengan), no noise, no overloud, dan clear voice.

 

Setelah pemaparan materi dari Kak Afuw, para crew Tara Radio dipersilakan untuk praktik memproduksi audio, berupa jingle program. Para crew Tara Radio bebas memproduksi jingle untuk program-program siaran yang ada di Tara Radio. Jingle program dibuat dengan sekreatif mungkin dengan tetap memperhatikan karakter masing-masing program siaran. Jingle program yang selesai diproduksi, kemudian dikumpul pada Google Drive yang telah disediakan.

Pada hari kedua Workshop Audio Production batch I1, Kak Afuw menanyakan konsep yang dipilih dalam memproduksi jingle, memberikan penilaian dan saran untuk jingle program yang telah diproduksi oleh para crew Tara Radio. Kemudian, dilanjutkan dengan sharing mengenai kesulitan-kesulitan yang dialami selama proses produksi jingle. Kak Afuw juga memberikan contoh editing audio menggunakan dua lagu yang berbeda dengan memberi effect sound untuk transisi. Kak Afuw berharap agar para crew Tara Radio lebih berani untuk mengeksekusi ide/konsep dan teknik editing dalam proses produksi audio agar hasil yang diperoleh semakin bagus, matang, dan menarik.JmksportShops , Chaussures, sacs et vêtements , Livraison Gratuite | nike air zoom tw 2009 brown and gold

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *